Jumat, 12 November 2021

 

Keterampilan Merajut dengan Tali Kur


Halo teman-teman, ketika libur panjang apa yang biasa kalian lakukan? Kalau saya sih, selain menggambar dan melukis, saya juga belajar merajut! Ya, merajut itu adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Tapi saya bukan membuat pakaian melainkan membuat tas!

Saya pertama kali belajar merajut tas dari mama saya. Saya biasanya menghabiskan waktu libur panjang merajut tas untuk saya sendiri maupun adik saya. Merajut itu seru lho! Terkadang terlihat membosankan, tetapi dengan merajut kamu mampu melatih kesabaran dan ketelatenan dalam membuat setiap motifnya dengan pola tali temali yang berbeda-beda. 

Disini saya menggunakan bahan tali kur dalam merajut. Kemudian saya merajutnya dengan tangan, tidak perlu menggunakan alat rajut ataupun jarum. Waktu pengerjaan biasanya lama jika dilakukan manual, kira-kira bisa sampai sebulan untuk 1 tas.

Tali kur biasanya dijual dengan warna yang berbeda-beda. Saya cenderung senang menggunakan warna terang seperti pink, ungu, hijau, kuning dan biru. Dalam proses membuatnya, saya juga seringkali menggunakan kombinasi 2 warna atau lebih agar terlihat variatif dan menarik.

Di bawah ini adalah contoh hasil rajutan yang sudah jadi. Terlihat lucu dan menarik bukan ? 


Bagi kalian yang tertarik, berikut saya lampirkan langkah-langkah merajut tali kur yang sederhana dan mudah diikuti khusus pemula. Yuk simak!

Sekian dari saya, selamat mencoba!