Senin, 15 November 2021

Mengedit Video Menggunakan Kinemaster Untuk Pemula


Halo teman-teman semua! Biar tidak bosan, hari ini saya akan membahas salah satu seni yang sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu mengedit vide. Ya! Mengedit video termasuk cabang seni digital. Untuk itu kita harus mampu mengolah media editing untuk menghasilkan video yang menarik. 

Salah satu aplikasi mengedit video yang sederhana adalah menggunakan Kinemaster. Kinemaster merupakan perangkat lunak untuk mengedit langsung di handphone. Kinemaster menyediakan beragam fitur menarik untuk mengedit tentunya dengan kualitas yang terbaik. Saya pribadi nyaman menggunakan Kinemaster untuk editing karena fiturnya yang sederhana, menarik dan membuat saya leluasa mengedit. Saya sering menggunakan Kinemaster untuk mengedit video tugas sekolah, video hiburan bahkan film pendek! 

Hari ini saya akan ajarkan bagaimana menggunakan Kinemaster secara dasar bagi pemula. 

1. Pertama-tama, kamu perlu menginstal aplikasi Kinemaster pada playstore. 
2. Kemudian buka aplikasi tersebut dan tekan tombol plus atau biasa disebut empty project sampai muncul tampilan kerja editing.
3. Disini ada beberapa fitur yang perlu diketahui antara lain sebagai berikut : 
a) Media, berguna untuk memasukkan foto atau video yang ingin diedit dan disusun sebagai video.
b) Layer, berguna untuk menambahkan lapisan berupa gambar, tulisan, stiker atau coret-coretan.
c) Music, kamu bisa menambahkan lagu dari perangkat hp kamu atau dari default Kinemaster melalui menu ini.
d) Voice, disini teman-teman bisa merekam suara langsung pada aplikasi. Berikut ini adalah hasil editing video short movie buatan saya menggunakan Kinemaster. 


Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa menonton video tutorial yang saya lampiran di atas. Semoga dapat membantu ya! 

Terima kasih,
Selamat mencoba!